Welcome to My Blog

Thank's For Ur coming........
Hope you'll enjoy it

Minggu, 08 April 2012

RPP sistem pencernaan kelas 2 SMP


RPP Biologi SMP : Sistem Pencernaan
Sekolah                                   : SMP Negeri 1 Makassar
Kelas/Semester                       : VIII /1
Mata Pelajaran                        : IPA-Biologi
Materi Pembelajaran               : Sistem Pencernaan Manusia
Waktu                                     : 1 × 40 Menit

Standar Kompetensi
1.   Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar
1.4.  Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
Indikator
Kognitif:
a.   Produk
1.      Menyebutkan organ-organ sistem pencernaan manusia (C1)
2.      Membedakan pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi (C2)
3.      Membedakan  saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan pada sistem pencernaan manusia.(C2)
4.      Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam organ-organ pencernaan. (C2)
b.   Proses
1.      Menganalisis gambar sistem pencernaan manusia (C4)

Psikomotorik :
1.      Melakukan pengamatan terhadap organ-organ penyusun sistem pencernaan dengan menggunakan alat bantu berupa gambar-gambar sistem pencernaan.
Afektif:
a. Karakter
1.      Tanggung jawab: siswa bertanggung jawab dalam melakukan tugas kelompok
2.      Tepat waktu: siswa tepat waktu dalam mengerjakan tugas kelompok
b. Keterampilan Sosial
1.      Komunikasi: siswa dapat berkomunikasi dalam kelas
2.      Menghargai pendapat: siswa dapat menghargai pendapat temannya saat presentasi
3.      Bekerja sama: siswa dapat bekerja sama dalam kelompok


A. Tujuan Pembelajaran
Kognitif
a.      Produk
1.      Siswa dapat menyebutkan organ-organ sistem pencernaan manusia (C1)
2.      Siswa dapat membedakan pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi (C2)
3.      Siswa dapat membedakan  saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan pada sistem pencernaan manusia.(C2)
4.      Siswa dapat menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam mulut.
5.      Siswa dapat menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam kerongkongan.
6.      Siswa dapat menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam lambung.
7.      Siswa dapat menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam usus halus.
8.      Siswa dapat menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam usus besar
b.      Proses
1.      Siswa dapat menganalisis organ-organ penyusun sistem pencernaan dengan menggunakan alat bantu berupa gambar-gambar sistem pencernaan.
Psikomotorik :
1.      Melakukan pengamatan terhadap organ-organ penyusun sistem pencernaan dengan menggunakan alat bantu berupa gambar-gambar sistem pencernaan.
Afektif
a. Karakter:
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam perilaku berkarakter, meliputi: Tanggung jawab an tepat waktu
b. Keterampilan sosial:
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam keterampilan sosial, meliputi: komunikasi, menghargai pendapat, dan bekerja sama
B. Materi Pembelajaran:
Sistem pencernaan
 Struktur saluran pencernaan makanan
 Proses pencernaan makanan
Alat- alat pencernaan makanan


C. Model Pembelajaran:
1. Model: Pembelajaran Kooperatif (MPK)
2. Metode: diskusi dan tanya jawab
D. Langkah-langkah kegiatan
Pembukaan

Kegiatan

Alokasi Waktu
Mengucapkan salam dan selamat pagi kepada siswa, kemudian mengecek kehadiran siswa.
Memotivasi siswa dengan  memberi pertanyaan, seperti “siapa yang sudah sarapan? Apa pentingnya sarapan bagi tubuh kita? dan bagaiman bisa makanan yang kita konsumsi dapat diserap oleh tubuh kita? dan pertanyaan-pertanyaan pengarah sejenis lainnya. Setelah itu guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan rencana kegiatan
5 menit



Kegiatan Inti


Kegiatan

Alokasi Waktu
Guru menjelaskan terlebih dahulu mengenai sistem pencernaan secara singkat dengan menyebutkan bahwa sistem pencernaan makanan  terdiri atas saluran pencernaan dan kelenjar – kelenjar pencernaan makanan, yang akan mengarahkan siswa untuk mengetahui perbedaan dari pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi serta tempat berlangsungnya.













30 menit














Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif, setiap kelompok terdiri dari 3 -  4 siswa. Dari pembagian kelompok ini siswa diharapkan untuk dapat saling bekerja sama dan peduli dengan anggota kelompoknya yang kurang mengerti mengenai materi yang didiskusikan.
Guru membagi tugas kelompok:
tiap kelompok diberi masing-masing 1 materi yang akan  mereka diskusikan sekaligus member ikan gambar-gambar alat pencernaan
a.       Kelompok 1 diberi tugas untuk menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam mulut.
b.      kelompok  2 diberi tugas untuk menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam kerongkongan.
c.       kelompok  3 diberi tugas untuk menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam lambung.
d.      kelompok 4  diberi tugas untuk menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam usus halus.
e.       kelompok 5  diberi tugas untuk menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam usus besar.

Setelah diskusi dalam kelompok selesai, guru meminta satu persatu kelompok untuk tampil bergiliran mempresentasikan hasil diskusinya.  Dalam hal ini siswa dari kelompok lain dilatih untuk menghargai  kelompok penyaji dengan  cara tidak ribut, dan mau mendengarkan pemaparan dari kelompok penyaji. Selain itu siswa diminta untuk memberi pertanyaatau tanggapan dari pemaparan kelompok penyaji.

Membimbing  kelompok menarik kesimpulan ,Siswa perlu diingatkan agar tetap mengutamakan toleransi (keterbukaan) saat ada perbedaan pendapat dalam menarik kesimpulan.





Penutup

Kegiatan

Alokasi Waktu
Membimbing siswa, merangkum materi yang telah dipelajari, dan didiskusikan.
Bertanya kepada siswa tentang materi yang telah dipelajari
Sebagai pengayaan, siswa diminta mengerjakan kegiatan secara mandiri di luar jam pelajaran LKS  untuk memberikan latihan lanjutan tentang  sistem pencernaan,
5  menit


E. Media dan Sumber Pembelajaran
a.      Media Pembelajaran
1.      Gambar-gambar alat pencernaan
2.      LKS
b.      Sumber Pembelajaran
Buku Ajar Biologi  SMP. Fahrudin, M. 2006. Surakarta: Citra Pustaka
F. Format Penilaian
LP 4 : Format Pengamatan Perilaku Berkarakter

Petunjuk:
Untuk setiap perilaku berkarakter siswa diberi nilai dengan skala berikut ini:
A = Sangat baik
B = Memuaskan
C = Menunjukkan kemajuan
D = Memerlukan perbaikan                                        
No.
Nama Siswa
NIS
Perilaku Berkarakter
Kejujuran
Komunikasi
Kerja Sama
Terbuka dan Menghargai Teman
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17






18






19






20








LP 5 : Format Pengamatan Keterampilan Sosial

Petunjuk:
Untuk setiap keterampilan sosial siswa diberi nilai dengan skala berikut ini:
A = Sangat baik
B = Memuaskan
C = Menunjukkan kemajuan
D = Memerlukan perbaikan                                        
No.
Nama Siswa
NIS
Keterampilan Sosial

Bertanya
Menyumbang Ide/Pendapat
Komunikasi
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15





16





17





18





19





                                                           


2 komentar:

Wahid Biyobe mengatakan...

thanks atas infonya. Kunjungi juga ya blog saya di: http://wahid-biyobe.blogspot.com/
thanks :)

Reenha Bio09 mengatakan...

ur welcome.....:)

Poskan Komentar