RPP Biologi SMP : Sistem Pencernaan
Sekolah :
SMP Negeri 1 Makassar
Kelas/Semester : VIII /1
Mata Pelajaran :
IPA-Biologi
Materi Pembelajaran :
Sistem Pencernaan Manusia
Waktu :
1 × 40 Menit
Standar Kompetensi
1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar
1.4. Mendeskripsikan sistem pencernaan pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
Indikator
Kognitif:
a. Produk
1. Menyebutkan
organ-organ sistem pencernaan manusia (C1)
2. Membedakan pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi (C2)
3. Membedakan
saluran pencernaan
dan kelenjar pencernaan pada sistem pencernaan manusia.(C2)
4. Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam organ-organ pencernaan.
(C2)
b. Proses
1.
Menganalisis gambar sistem pencernaan manusia (C4)
Psikomotorik
:
1. Melakukan pengamatan terhadap organ-organ
penyusun sistem pencernaan dengan menggunakan alat bantu berupa gambar-gambar
sistem pencernaan.
Afektif:
a. Karakter
1. Tanggung
jawab: siswa bertanggung jawab dalam melakukan tugas kelompok
2. Tepat
waktu: siswa tepat waktu dalam mengerjakan tugas kelompok
b. Keterampilan Sosial
1. Komunikasi:
siswa dapat berkomunikasi dalam kelas
2. Menghargai
pendapat: siswa dapat menghargai pendapat temannya saat presentasi
3. Bekerja
sama: siswa dapat bekerja sama dalam kelompok
A. Tujuan Pembelajaran
Kognitif
a.
Produk
1. Siswa
dapat menyebutkan organ-organ sistem pencernaan manusia (C1)
2. Siswa
dapat membedakan pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi (C2)
3. Siswa
dapat membedakan
saluran pencernaan
dan kelenjar pencernaan pada sistem pencernaan manusia.(C2)
4. Siswa
dapat menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di
dalam mulut.
5. Siswa
dapat menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di
dalam kerongkongan.
6. Siswa
dapat menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di
dalam lambung.
7. Siswa
dapat menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di
dalam usus halus.
8. Siswa
dapat menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam usus besar
b.
Proses
1. Siswa dapat menganalisis organ-organ
penyusun sistem pencernaan dengan menggunakan alat bantu berupa gambar-gambar
sistem pencernaan.
Psikomotorik
:
1. Melakukan pengamatan terhadap organ-organ
penyusun sistem pencernaan dengan menggunakan alat bantu berupa gambar-gambar
sistem pencernaan.
Afektif
a. Karakter:
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan
dalam perilaku berkarakter, meliputi: Tanggung jawab an tepat
waktu
b. Keterampilan sosial:
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan
dalam keterampilan sosial, meliputi:
komunikasi, menghargai pendapat, dan bekerja sama
B. Materi Pembelajaran:
Sistem pencernaan
Struktur saluran pencernaan
makanan
Proses pencernaan makanan
Alat- alat pencernaan makanan
C. Model Pembelajaran:
1. Model: Pembelajaran
Kooperatif (MPK)
2. Metode: diskusi dan tanya jawab
D. Langkah-langkah kegiatan
Pembukaan
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Mengucapkan salam dan
selamat pagi kepada siswa, kemudian mengecek kehadiran siswa.
Memotivasi siswa dengan memberi pertanyaan, seperti “siapa yang
sudah sarapan? Apa pentingnya sarapan bagi tubuh kita? dan bagaiman bisa
makanan yang kita konsumsi dapat diserap oleh tubuh kita? dan pertanyaan-pertanyaan pengarah sejenis
lainnya. Setelah itu guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai dan rencana kegiatan
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Guru menjelaskan terlebih dahulu
mengenai sistem pencernaan secara singkat dengan menyebutkan bahwa sistem
pencernaan makanan terdiri atas
saluran pencernaan dan kelenjar – kelenjar pencernaan makanan, yang akan
mengarahkan siswa untuk mengetahui perbedaan dari pencernaan mekanik dan
pencernaan kimiawi serta tempat berlangsungnya.
|
30 menit
|
|
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok-kelompok kooperatif, setiap
kelompok terdiri dari 3 - 4
siswa. Dari pembagian kelompok ini siswa diharapkan untuk dapat saling
bekerja sama dan peduli dengan anggota kelompoknya yang kurang mengerti
mengenai materi yang didiskusikan.
Guru membagi tugas kelompok:
tiap kelompok diberi masing-masing
1 materi yang akan mereka diskusikan
sekaligus member ikan gambar-gambar alat pencernaan
a. Kelompok
1 diberi tugas untuk menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di
dalam mulut.
b. kelompok 2 diberi tugas untuk menjelaskan proses
pencernaan makanan yang terjadi di dalam kerongkongan.
c. kelompok 3 diberi tugas untuk menjelaskan proses
pencernaan makanan yang terjadi di dalam lambung.
d. kelompok
4 diberi tugas untuk menjelaskan
proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam usus halus.
e. kelompok
5 diberi tugas untuk menjelaskan
proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam usus besar.
Setelah diskusi dalam kelompok selesai, guru meminta
satu persatu kelompok untuk tampil bergiliran mempresentasikan hasil
diskusinya. Dalam hal ini siswa dari
kelompok lain dilatih untuk menghargai
kelompok penyaji dengan cara
tidak ribut, dan mau mendengarkan pemaparan dari kelompok penyaji. Selain itu
siswa diminta untuk memberi pertanyaatau tanggapan dari pemaparan kelompok
penyaji.
Membimbing kelompok menarik
kesimpulan ,Siswa perlu diingatkan agar tetap
mengutamakan toleransi (keterbukaan) saat ada
perbedaan pendapat dalam menarik kesimpulan.
|
Penutup
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Membimbing siswa, merangkum materi yang telah dipelajari,
dan didiskusikan.
Bertanya kepada siswa tentang materi yang telah
dipelajari
Sebagai pengayaan, siswa diminta mengerjakan
kegiatan secara mandiri di luar jam pelajaran LKS untuk memberikan latihan lanjutan tentang sistem pencernaan,
|
5 menit
|
E. Media dan Sumber Pembelajaran
a. Media Pembelajaran
1.
Gambar-gambar alat pencernaan
2.
LKS
b. Sumber Pembelajaran
Buku
Ajar Biologi SMP. Fahrudin, M. 2006.
Surakarta: Citra Pustaka
F. Format Penilaian
LP 4 : Format Pengamatan
Perilaku Berkarakter
Petunjuk:
Untuk setiap perilaku berkarakter
siswa diberi nilai dengan skala berikut ini:
A = Sangat baik
B = Memuaskan
C = Menunjukkan kemajuan
D = Memerlukan perbaikan
No.
|
Nama Siswa
|
NIS
|
Perilaku Berkarakter
|
|||
Kejujuran
|
Komunikasi
|
Kerja Sama
|
Terbuka dan Menghargai Teman
|
|||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
||||||
17
|
||||||
18
|
||||||
19
|
||||||
20
|
LP 5 : Format Pengamatan Keterampilan
Sosial
Petunjuk:
Untuk setiap keterampilan sosial
siswa diberi nilai dengan skala berikut ini:
A = Sangat baik
B = Memuaskan
C = Menunjukkan kemajuan
D = Memerlukan perbaikan
No.
|
Nama
Siswa
|
NIS
|
Keterampilan
Sosial
|
|||
Bertanya
|
Menyumbang
Ide/Pendapat
|
Komunikasi
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
||||||
17
|
||||||
18
|
||||||
19
|
||||||
2 komentar:
thanks atas infonya. Kunjungi juga ya blog saya di: http://wahid-biyobe.blogspot.com/
thanks :)
ur welcome.....:)
Posting Komentar